Friday, December 28, 2012

Melencengnya Arti 'Galau' Sesungguhnya

di dalam post ini gue bukan mau sok tau atau apa ya. Cuman ingin menegaskan definisi GALAU  yang disalah artikan oleh segenap umat. 
Jujur aja gue selalu di bilang SOK bule oleh beberapa orang hanya karna gue lebih memilih menggunakan bahasa inggris dibanding bahasa lahiran gue bahasa Indonesia. Orang-orang berasumsi karna dulu pernah tinggal di luar jadi gue sok-sokan bahasa inggris.
Eittss... gue sengaja menggunakan bahasa tersebut untuk menjelaskan gambar-gambar gue,


KENAPA? ya, kalo karya-karya tersebut diliat sama orang dari
negara-negara lain gimana? kasian dong mereka kalo gak ngerti
pesan yang ingin gue sampaikan (yega?). Tapi beberapa posts gue ada kok pake bahasa Indonesia :)

Sekarang gue mau mempertanyakan orang-orang yang mengunakan 
sering menggunakan bahasa Indonesia jadi bahasa utama sehari-hari. Kalau memang kalian CINTA sama bahasa kelahiran kalian ini, kenapa sampai membiarkan sebuah kata yang sangat
sering digunakan, bahkan menjadi bahasa sehari-hari ini sudah kalian salah tafsirkan?

wah, gue gamau sok pinter-pinter amat lah. Jujur aja bahasa Indonesia gue payah 
banget lah. Kalah kali sama kalian-kalian ini. Singkat cerita aja, gue ngambil jurusan Bahasa disekolah gue. Banyak yang bertanya-tanya. Kenapa gue pilih itu toh otak gue ini 
gak salah saing kok kalau masuk IPA. Ya, gue cukup mikir kedepan aja. Untuk apa belajar
IPA susah-susah toh di kuliah gue ngambil jurusan ARTS. Gak nyambung kan?
aneh ajasih banyak bilang Bahasa itu tempat orang-orang buangan dari IPA IPS, tidak kami adalah
orang-orang yang berani berbeda karna kami tau apa yang akan kita ambil dijurusan kuliah.
Ya kan banyak yang masih bingung mau jadi apa, jadinya ambil jalan pintas masuk IPA terus,
nanti kuliahnya masuk kemana-mana gampang. hehe..

Maaf ya gue sok pinter BANGET. Okeh back to the main topic, kenapa gue bisa bilang arti GALAU itu melenceng? sebetulnya guru sastra gue yang ngasih tau. Singkat cerita (gapapa kan cerita mulu?).
Disaat pelajaran beliau kita sedang bercanda sambil menyeletuk "haha galau mulu lo"
tiba-tiba beliau bercerita betapa parahnya anak muda sekarang membuat sebuah kata menceng dari arti sesungguhnya. Berartikan bertapa kita kurang pengetahuan akan bahasa kita sendiri?

mau tau arti aslinya? Galau itu bukan sebuah kata yang menggambarkan
sebuah kesenduan yang berisikan tanggisan. Melaikan sebuah situasi dimana orang sedang sibuk beramai-ramai, dan lebih mengarah kesebuah keramaian orang. Galau bisa diartikan
sebagai sebuah pemikiran kacau, yang benar-benar kacau tidak beraturan.
(kontras bukan?)

orang-orang selama ini hanya tau kalau galau itu sesuatu yang berunjuk 
kesedihan, tangisan, kekecewaan yang mendalam. memang itu seperti pemikiran yang tidak beraturan. 
Namun pemikiran itu tidak mengarahkan kearah kesedihan namun kekesalan.

haha, aduh gue sok pinter ya? ya monggo di check di kamus besar Indonesia,
atau mau gampangnya tanya mbah google "arti galau kamus besar Indonesia" :) cukuplah disini aja sok-sokan pinternya >.< semoga berguna ya untuk semua yang baca :D


have an owlsome day everyone :D GBU
cheers, Dosky

No comments:

Post a Comment